EFFECT SIZE PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS SETS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA
Main Article Content
Abstract
Effect Size Pengaruh Pembelajaran Berbasis SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis effect size pengaruh pembelajaran fisika dan sains berbasis SETS (Science, Technology, Environment, and Society) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa karena pembelajaran Fisika dan IPA memerlukan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan solusi baik dalam pembelajaran di sekolah maupun bekal siswa dalam memecahkan permasalahan di masyarakat sedangkan pembelajaran yang tidak berbasis SETS kurang mampu meningkatkan kemampuan tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian meta-analisis. Subjek penelitian ini adalah 20 artikel yang telah dipublikasi oleh beberapa jurnal di Indonesia tentang pengaruh pembelajaran berbasis SETS terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pemberian kode (coding) dengan metode yang digunakan memakai analisis deskriptif kuantitatif dengan pedoman effect size. Setelah mendapatkan nilai effect size, nilai tersebut kemudian dapat dimasukan dalam kategori effect size yang sesuai. Berdasarkan data yang telah dianalisis dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis SETS memberikan effect size dengan kategori sedang hingga sangat tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.