Main Article Content

Rony Harianto

Abstract

Media Pembelajaran Digital Phisycs Module (DPM) di SMA: Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa. Beberapa guru memiliki cara tersendiri dalam mengajarkan konsep cahaya dan optik pada siswa, dengan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh media pembelajaran digital fokus penelitian ini adalah analisis kemampuan literasi sains siswa  dalam konsep cahaya dan optik menggunakan media pembelajaran Digital Phisycs Module (DPM) di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar. Soal-soal dalam tes diberikan dengan bentuk uraian  yang sudah disesuaikan dengan indikator kemampuan literasi sains. Responden dalam penelitian ini merupakan 106 siswa yang dipilih dengan kriteria tertentu dari beberapa SMA.  Analisis data pada penelitian ini memakai paired sample t-test dengan bantuan software SPSS dan rata-rata skor N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa. Nilai kemampuan literasi sains siswa pada setiap indikator mengalami peningkatan. Dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran  Digital Phisycs Module (DPM) dapat mengembangkan kemampuan literasi sains siswa. Dengan hasil ini diharapkan media pembelajaran DPM dapat di implementasikan juga pada pembelajaran konsep lainnya.

Article Details

How to Cite
Harianto, R. (2023). MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL PHISYCS MODULE (DPM) DI SMA: ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA . LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 86-92. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.303