Main Article Content

Chairatul Umamah
Norhasan Norhasan
Jamilatur Rofi’ah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran fisika dengan implementasi model problem based learning (PBL) berbasis literasi sains. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan Diantaranya: perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Pamekasan dengan subjek penelitian siswa kelas X IPA-2 yang berjumlah 32 siswa terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Hasil tes berdasarkan lima indikator keterampilan berpikir kritis siswa pada saat pra-siklus menunjukkan bahwa presentase keterampilan berpikir kritis siswa sebesar 51.09% dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil tes, keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I adalah 74.22%   dengan kategori sedang, meningkat menjadi 87.34% dengan kategori tinggi pada siklus II atau meningkat sebesar 13.12%. dapat disimpulkan bahwa implementasi model problem based learning berbasis literasi sains dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Article Details

How to Cite
Umamah, C., Norhasan, N., & Rofi’ahJ. (2018). IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LITERASI SAINS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 67-74. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i2.35
References
Aditya Fadly. 2012. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Studi pada Kelas X Bisnis dan Manajemen Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Ardjuna 1 Malang”, dalam jurnal Pendidikan Ekonomi. Juli 2012. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri 1 Malang.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian tindakan kelas (Edisi Revisi 2011). Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chin, C., and Chia, L.G. (2005). Prob- lem-Based Learning: Using IllStructured Problems in Biology Project Work. Wiley Periodicals, Inc.
Dani, D. (2009). Scientific Literacy and Purposes for Teaching Science: A Case Study of Lebanese Private School Teachers. International Journal of Environmental & Science Education, 4 (3), 289-299. Editor Richard K & Neil Taylor. Turki: Abant Ixxet Baysal University
El Islami, R. A. Z. 2015. Hubungan Literasi Sains dan Kepercayaan Diri Siswa pada Konsep Asa Basa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 1 (1): 16-25.
Eviani, S. Utami, dan T. Sabri,. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3 (7): 1-13.
Hasratuddin. 2010. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Melalui Pendekatan Matematika Realistik”, dalam jurnal Pendidikan Matematika. Volume 4 Nomor 2 Desember 2010. Dosen Jurusan Matematika FMIPA UNIMED Medan.
Susilo, A.B., Wiyanto, & Supartono. 2012. Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP. Unnes Science Education Journal. 1 (1): . 12-20.

Author Biography

Chairatul Umamah, Universitas Islam Madura

i am a lecture in physics education program study of madura islamic university