PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS V A SDN 007 TARAKAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kelas V pada materi benda dan sifatnya di SDN 007 Tarakan dan menghasilkan modul yang layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Model penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel yaitu model 4-D. Model 4-D yang dilakukan dalam penelitian ini dibatasi sampai 3 tahapan: Pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul termasuk dalam kategori layak dari aspek isi dengan nilai rata-rata 91,18 kategori sangat baik, aspek penyajian dengan nilai rata-rata 90,62 kategori sangat baik, aspek kegrafisan dengan nilai rata-rata 94,91 kategori sangat baik, aspek bahasa dengan nilai rata-rata 94,66 kategori sangat baik. Respon siswa mendapatkan nilai rata-rata 93,74 dengan kategori sangat baik dan hasil keterbacaan modul rata-rata skor memperoleh 94,80% dengan kategori mudah. Modul dapat mengembangkan karakter siswa khususnya karakter rasa ingin tahu, jujur,serta kreatif dengan nilai rata-rata 89,58 dengan kategori sangat baik.
Article Details
Anita. 2013. Penerapan Pendekatan Kontruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Gaya, (Online),(http://repository.upi.edu/1665/6/S_PGSD_0902817_chapter3.pdf), diakses 02 Oktober 2017
Alamsyah, S., Annisa, M., & Kusnadi, D. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SDN 045 TARAKAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).
Annisa, M., Yulinda, R., & Mas’an Al Wahid, S. (2017). The Analysis of Science Process Skills on Natural Science Questions at Elementary Schools in Tarakan. . Advances in Social Science, Education and Humanities Research 5th South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference, Vol 100: p. 298-301.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Asysyfa, dkk. 2017. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Sains Quran Pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya, (online), 6 (1). Jurnal, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej), diakses 7 Februari 2018
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media
Efriani, dkk. 2016. Pengembangan Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter Pelajaran IPA Kelas Vii Semester Genap di
SMPN 1 Negara. 5 (2). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Hastari, dkk. 2015. Pengembangan Modul Kompetensi Dasar Menjelaskan Penyimpangan dan Penemuan Kembali Surat/Dokumen Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas X AP 2 SMK Negeri 1 Ngawi, (online), 3 (3): 1-14, (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/12534/16271), diakses 07 Desember 2017
Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).
Khasanah, Ayu Uswatun. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tema Makananku Sehat Dan Bergizi pada Aspek Keterampilan di Kelas IV SDN Utama 1 Tarakan. Skripsi. Universitas Borneo Tarakan, Tarakan.
Khoerunisa, Eneng. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Materi Siklus Air dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Eskperimen, (Online),(http://repository.upi.edu/1712/4/S_PGSD_0908238_chapter1.pdf), diakses 02 Oktober 2017
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Nurdiyana, dkk. 2016. Keterbacaan dan Kelayakan Isi Modul Elastisitas Dan
Hukum Hooke Berbasis Multirepresentasi Untuk SLTA Kelas X. ISSN : 2527 – 5917, Vol.1: 201-213
Novitasari, dkk. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Tema Matahari Sebagai Sumber Energi Alternatif Di Kelas Vii Smp/Mts, (Online), 5 (1): 112-121, (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/9660/7110), diakses 02 Oktober 2017
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Suharso. 2008. The Use Of Cloze Procedure To Test The Students Reading. Jurnal. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogjakarta. (download.portal garuda.orgiakses), diakses 02 Oktober 2017
Soleha, Yuli, Annisa, Muhsinah. 2017. DEVELOPMENT OF LKS BASED ON SKILL THEME THE BEAUTY OF TOGETHERNESS IN SDN UTAMA 1 TARAKAN. 2nd International Conference Education&Training (ICET) Universitas Negeri Malang. Malang
Trian, Efriana Arga, dkk. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berkarakter pada Tema Pengelolaan Lingkungan Untuk Kelas VII SMP. 2 (2): 269: 273. Artikel. Universitas Negeri Semarang
Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Tutik, S. ?2012. Lampiran 1 Lembar Validasi, Angket Sisiwa, & Hasil Validasi. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/9509/24/LAMPIRAN%201.1-1.10.pdf), diakses 02 Oktober 2017
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.