Main Article Content

Siska Ayu Azhari
Muhsinah Annisa
Kartini Kartini

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran IPA integrasi cooperative script dan keterampilan proses sains ditinjau dari uji validasi isi, konstruk, dan bahasa serta respon siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA integrasi cooperative script dan keterampilan proses sains di kelas IV-A SDN 049 Tarakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan perangkat yang digunakan oleh peneliti yaitu model perangkat 4-D modifikasi yang dilakukan hanya sampai tahap 3-D yang terdiri dari Define, Design, Develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Buku Ajar Siswa (BAS), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, kuesioner atau angket, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran IPA integrasi cooperative script dan keterampilan proses sains di kelas IV-A SDN 049 Tarakan sangat layak ditinjau dari hasil uji validasi isi, konstruk, dan bahasa adalah 1) Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) memperoleh rata-rata sebesar 4,33 dengan kriteria sangat baik, 2) Buku Ajar Siswa (BAS) memperoleh rata-rata sebesar 4,27 dengan kriteria sangat baik, 3) Lembar Kerja Siswa (LKS) memperoleh rata-rata sebesar 4,34 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi isi, konstruk, dan bahasa secara keseluruhan menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran memperoleh skor rata-rata sebesar 4,31 dengan kriteria sangat baik sedangkan respon siswa memperoleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 4,64 dengan kriteria sangat baik. Maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai perangkat pembelajaran yang dapat memudahkan siswa dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dan melatih keterampilan proses sains pada diri siswa.

Article Details

How to Cite
Azhari, S. A., Annisa, M., & Kartini, K. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA INTEGRASI COOPERATIVE SCRIPT DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI KELAS IV-A SDN 049 TARAKAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 86-101. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i2.37
References
Akbar, Sa’dun. 2015. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Andini, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbahasa Inggris dengan Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Kingdom Jamur. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5 (1): 859-866.
Alamsyah, S., Annisa, M., & Kusnadi, D. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VB SDN 045 TARAKAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1).
Annisa, M., Yulinda, R., & Mas’an Al Wahid, S. (2017). The Analysis of Science Process Skills on Natural Science Questions at Elementary Schools in Tarakan. Advances in Social Science, Education and Humanities Research 5th South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference, Vol 100: p. 298-301.

Apriyanti, Yeni. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Classroom Pada Materi Getaran Harmonis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Aufika, Hasnan. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Perbandingan dan Skala Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Clara, dkk. 2012. Miskonsepsi Siswa Kelas Rangkap SDN 47 Sekadau Pada Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda. Pontianak: FKIP UNTAN Pontianak.
Dapa, Philomena Theresia Nggowa. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Paradigma Pedagogi Reflektif dan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Garis Singgung Lingkaran di Kelas VIII H SMP Negeri 1 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Daryanto dan Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Indiani, Venti. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Barisan dan Deret Untuk Siswa SMA Siswa Kelas X. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Indriani, dkk. 2015. Pengembangan Perangkat Model Cooperative Script Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa di Sekolah Dasar. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4 (2): 495-502.
Istiqomah, Nuriyah. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda dan Sifatnya dengan Metode Eksperimen Untuk Siswa Kelas IV SDN Sumbersari 2 Malang. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Kohar, dkk. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Menggunakan Simulasi PhEt untuk mereduksi Miskonsepsi Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6 (2): 1289-1301.
Muslim dan Supriatna. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran PKn Model Cooperative Tipe TGT Berbasis ATONG Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2 (2): 1-14.
Mustofa dan Asf. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Prasetya, Tri Indra. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Magelang. Journal of Educational Research and Evaluation, 1 (2): 106-112.
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Purwanto, M. Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permendiknas. 2007. Standar Proses. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Pranata. 2014. LKS. Lampung: Universitas Lampung.
Sulistyorini, dkk. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Guided Inquiry Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 6 (1): 1167-1174.
Suparni. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Mengenal Sifat Benda dan Kegunaannya dengan Media Realita Pada Siswa Kelas 1 B SDN Sidomekar 08 Jember. ©Pancaran, 4 (3): 11-20.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suwarna. 2013. Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Kelas X pada Mata Pelajaran Fisika Melalui CRI (Certainty Of Response Index) Termodifikasi. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Yuliana, Rina. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan PMRI pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (1): 60-67.

Author Biographies

Siska Ayu Azhari, Universitas Borneo Tarakan

PGSD

Muhsinah Annisa, Universitas Borneo Tarakan

PGSD