Main Article Content

Dyah Ayu Fajarianingtyas
Herowati Herowati

Abstract

Pengembangan bahan ajar yang tepat dan sesuai kebutuhan mahasiswa adalah salah satu upaya terbaik untuk meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu bahan ajar merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan pemahaman konsep mahasiswa menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) mata kuliah Inovasi Pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian sebanyak 30 mahasiswa yang memprogram mata kuliah inovasi pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pretes  adalah 0.983;  dan nilai posttes adalah 0.814, hasil gain score 0,38 (kategori sedang). Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,38 (kategori sedang) dilihat dari nilai rata-rata gain score.

Article Details

How to Cite
Fajarianingtyas, D. A., & Herowati, H. (2018). PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PADA MATA KULIAH INOVASI PEMBELAJARAN IPA DI KAMPUS CEMARA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 82-85. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i2.40
References
Anwar, M., Setiabudi, A., & Martoprawiro, M. A. (2012). Desain Lembaran Kerja Mahasiswa Berbasis Pembelajaran Aktif-Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Mahasiswa (Penerapan pada Topik Mekanisme Reaksi). Jurnal Chemica, 13(1), 1–13.
Dahar, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Husamah, Yuni, P., Artina, R., & Puji, S. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Jones, V. (2012). Comprehensive classroom Management: Creating Communities of Support and Solving Problems. Jakarta: Kencana.
Lestari, N., Suciati, & Sugiyarto. (2014). Pengembangan LKM Model PBLberbasis Potensi Lokal pada Mata Kuliah Bioteknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Kupang. BIOEDUKASI, 7(2), 18–22.
Liriwati, F. Y. (2017). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Open Jurnal System Indragiri, 1(3), 58–69.
Maherawati, I. D. A. A. T., & Sutardji. (2015). KUALITAS PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Edu Geography, 3(5), 24–30.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Rohadi, N. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Keterampilan Berpikir Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Perkuliahan Medan Elektromagnet. In Prosiding Semirata. Lampung: FMIPA Universitas Lampung.
Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective (Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik (Kesembilan). Jakarta: PT. Indeks.
Syaifurahman. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.