PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA MAHASISWA PADA MATA KULIAH INOVASI PEMBELAJARAN IPA DI KAMPUS CEMARA
Main Article Content
Abstract
Pengembangan bahan ajar yang tepat dan sesuai kebutuhan mahasiswa adalah salah satu upaya terbaik untuk meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu bahan ajar merupakan hal yang sangat penting untuk dikembangkan sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan pemahaman konsep mahasiswa menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) mata kuliah Inovasi Pembelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian sebanyak 30 mahasiswa yang memprogram mata kuliah inovasi pembelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai pretes adalah 0.983; dan nilai posttes adalah 0.814, hasil gain score 0,38 (kategori sedang). Kesimpulan penelitian ini adalah ada peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,38 (kategori sedang) dilihat dari nilai rata-rata gain score.
Article Details
Dahar, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Husamah, Yuni, P., Artina, R., & Puji, S. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.
Jones, V. (2012). Comprehensive classroom Management: Creating Communities of Support and Solving Problems. Jakarta: Kencana.
Lestari, N., Suciati, & Sugiyarto. (2014). Pengembangan LKM Model PBLberbasis Potensi Lokal pada Mata Kuliah Bioteknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Kupang. BIOEDUKASI, 7(2), 18–22.
Liriwati, F. Y. (2017). Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Open Jurnal System Indragiri, 1(3), 58–69.
Maherawati, I. D. A. A. T., & Sutardji. (2015). KUALITAS PENGELOLAAN KELAS DAN MOTIVASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI SMA NEGERI KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Edu Geography, 3(5), 24–30.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.
Rohadi, N. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Keterampilan Berpikir Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Perkuliahan Medan Elektromagnet. In Prosiding Semirata. Lampung: FMIPA Universitas Lampung.
Sani, R. A. (2016). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories An Educational Perspective (Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Slavin, R. E. (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik (Kesembilan). Jakarta: PT. Indeks.
Syaifurahman. (2013). Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: PT. Indeks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.