Main Article Content

Faninda Novika Pertiwi
Risma Yuli Astuti

Abstract

Efikasi diri siswa pada pembelajaran IPA ditinjau dari pembelajaran core berbasis tutor sebaya. Pembentukan karakter siswa dapat dimulai dari dalam diri siswa dengan memperkuat kepercayaan diri, keyakinan pada diri serta kemampuan intelek yang dimiliki. Kepercayaan diri atau keyakinan diri ini dikenal dengan efikasi diri. Chemers membuktikan tentang efikasi diri berkaitan dengan prestasi belajar dan adaptasi diri, maka secara tidak langsung dapat mempengaruhi prestasi siswa. Salah satu model pembelajarannya yaitu model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting dan Extending) berbasis tutor sebaya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model CORE berbasis tutor sebaya terhadap efikasi diri siswa pada pembelajaran IPA. Rancangan penelitian menggunakan quasi eksperimen. Penelitian dilakukan di SMP Ma’arif Ponorogo. Instrumen yang dipakai yaitu soal tes dan angket tentang efikasi diri. Data yang dihasilkan adalah data tentang efikasi diri siswa yang mengalamai pembelajaran IPA dengan model CORE berbasis tutor sebaya. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t dan uji t-one tailed. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai t hitung 3,329 > t tabel 2,086. Selanjutnya dilakukan uji lanjut uji t one tiled dan diperoleh hasil t0 -3,313 < dari -t tabel 1,725 dan v 37,256. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima sehingga penggunaan model CORE berbasis tutor sebaya berpengaruh terhadap efikasi diri.


Kata kunci: Keyakinan diri, Model pembelajaran CORE, Pembelajaran Sains. Tutor Sebaya


 


ABSTRACT


Student self-efficacy in science learning in terms of peer tutor-based core learning. The formation of student character can be started from within students by strengthening self-confidence, confidence in themselves and their intellectual abilities. Self-confidence or self-confidence is known as self-efficacy. Chemers proves that self-efficacy is related to learning achievement and self-adaptation, so it can indirectly affect student achievement. One of the learning models is the CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) model based on peer tutors. The purpose of this study was to determine the effect of the peer tutor-based CORE model on students' self-efficacy in learning science. The research design used quasi-experimental. The research was conducted at Ma'arif Ponorogo Junior High School. The instruments used are test questions and questionnaires about self-efficacy. The data generated is data about the self-efficacy of students who experience science learning with the CORE model based on peer tutors. Data analysis in this study used the t test and the t-one tailed test. Based on the results of the t-test, the t-count value was 3.329 > t-table 2.086. Furthermore, further tests were carried out on the one tiled t test and the results obtained were t0 -3.313 < from -t table 1.725 and v 37.256. So it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted so that the use of the CORE model based on peer tutors has an effect on self-efficacy.


Keywords: Self-Efficacy, CORE Learning Model, Peer Tutor-Based, Science Learning

Article Details

How to Cite
Novika Pertiwi, F., & Astuti, R. Y. (2022). EFIKASI DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DITINJAU DARI PEMBELAJARAN CORE BERBASIS TUTOR SEBAYA. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(1), 41-50. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i1.168